Pemahaman Tahap Reconaissance dalam Penentration Tester

Reconaissance dalam tahap penentration tester yaitu tahap pengumpulan data. Pada tahap ini seorang penentration tester mengumpulkan data sebanyak banyaknya.
Teman teman pasti bertanya, data apa saja yang dikumpulkan ? jawabannya adalah banyak !!!

Berikut adalah data data yang dikumpulkan oleh seorang penentration tester :
- Nama Lengkap
- Nama Orang Tua
- Nama Istri
- Nama Anak
- Tempat Lahir
- Tempat Lahir Istri
- Tempat Lahir Anak
- Tempat Lahir Orang Tua
- Tanggal Lahir
- Tanggal Lahir Anak
- Tanggal Lahir Istri
- Tanggal Lahir Orang Tua
- Alamat Rumah
- Alamat Kantor
- Nomor telepon atau Handphone
- Nomor Plat Kendaraan
- Hobi
- Club Sepak Bola Favorite
- Angka Favorite
- Artis Favorite
- dll (Anda bisa berkreasi sendiri)

Semuanya dikumpulkan oleh seorang penentration tester untuk mendapatkan informasi sebanyak banyaknya. Tahap inilah yang biasa disebut sebagai tahap reconaissance.

Lalu pertanyaannya "Apakah data data tersebut berguna ?"
Jawabannya "Ya, Berguna Sekali"

Data data tersebut berguna sekali bagi seorang Hacker untuk melakukan aksinya. coba sekarang anda jawab dalam hati, apakah nomor PIN ATM anda merupakan salah satu dari data diatas ? Bagaimana jika ada seorang hacker yang sudah tau data data anda dan kemudian mencuri dompet anda ? Jawabannya adalah "duit anda lenyap semua".

Jika seorang Hacker menemukan website yang dibuat oleh si target operasi, hacker tinggal memasukkan kombinasi kombinasi dari data data yang didapat dari hasil tahapan reconasissance. Itu lebih mempermudah dalam melakukan aksinya.

Misalkan saja, ternyata password administrator sebuah website tersebut menggunakan tanggal lahir anak dari si administrator, anggap saja passwordnya adalah 12SEPTEMBER2007. Jika si hacker menggunakan tehnik brute force untuk mendapatkan lima belas digit angka tersebut, coba bayangkan berapa tahun waktu yang diperlukan dengan tehnik brute force sehingga bisa nemembus angka tersebut ? ditambah lagi dengan bandwith koneksi anda yang belum tentu cepat dan stabil tidak terputus selama tahunan.

Oleh karena itu, tahap ini merupakan tahap yang penting dalam proses penentratin testing. Bahasan tentang reconaissance lainnya akan saya buat pada thread thread selanjutnya.

Semoga artikel sederhana yang saya buat ini berguna dan menambah pengetahuan teman teman.

Regards,

trixie

No comments:

 

I'M A LAMER DON'T TROLL ME mas[TER] Copyright © 2013 | Powered by rifsivk yum